Saingi Zoom, Google akan Gabungkan Duo dan Meet






 Untuk melakukan panggilan video, Google memiliki Duo dan Meet yang punya target pengguna yang berbeda. Seperti yang diketahui, Google Duo adalah aplikasi panggilan video non-profesional, seperti saat ingin mengobrol dengan keluarga atau sahabat. 


Sedangkan Google Meet adalah aplikasi konferensi video untuk rapat bisnis, yang dapat dibuka dari aplikasi Meet atau sekarang sudah bisa di akses dari tab di bagian bawah aplikasi Gmail. 


Google telah bekerja keras memperbaiki fitur Duo seperti menambah partisipan hingga 32 peserta sekaligus, dan telah menambahkan sejumlah fitur baru. Untuk bergabung dengan Duo, kini pengguna juga dapat membagikan tautan, sama seperti saat ingin bergabung dengan Zoom dan Meet. 


Beberapa langkah keamanan juga sudah ditambahkan untuk pengguna Google Meet. Sehingga tidak ada yang dapat bergabung ke konferensi video Meet tanpa diundang atau diterima oleh penyelenggara. 


Namun, di tengah pandemi Covid-19 secara global, maka orang yang bekerja dari rumah menggunakan aplikasi konferensi video, seperti Zoom, yang dibuat untuk penggunaan bisnis dan dapat menangani rapat besar lebih dari 100 peserta tanpa biaya. 


Kabarnya, Google mencari cara untuk mengalahkan Zoom dengan menggabungkan Duo dan Meet.


Dengan menggabungkan Duo dan Meet, Google tidak lagi memiliki dua solusi panggilan/konferensi video yang berbeda. Sehingga konsumen tidak bingung apakah mereka harus menggunakan Google Duo atau Meet. 


Sebaliknya, Google hanya akan memiliki aplikasi video yang dapat digunakan oleh konsumen dan oleh perusahaan. 


Jika Google Duo dan Meet digabungkan, kemungkinan nama baru untuk aplikasi konferensi video tersebut adalah Duet (gabungan Duo dan Meet). 


Sumber mengatakan bahwa beberapa fitur dari Duo akan dipindahkan ke Meet seperti integrasi nomor ponsel dan penggunaan enkripsi end-to-end.


Tidak diketahui pasti kapan hal tersebut benar-benar terjadi. Sementara itu, Aplikasi Google Duo dan Meet tersedia di App Store untuk iOS dan di Play Store untuk Android.

LihatTutupKomentar